Motorasik

yang dimaksud pemasaran : tujuan, fungsi, jenis, strategi

yang dimaksud dengan pemasaran adalah
yang dimaksud dengan pemasaran

Apa yang dimaksud dengan pemasaran ?

Yang dimaksud dengan pemasaran adalah kegiatan terencana yang dilakukan perusahaan dalam rangka menyampaikan produknya ke pasar. Sebagian orang awam mengira bahwa pemasaran hanya sebatas kegiatan promosi atau beriklan. Memahami pemasaran seperti itu tidaklah salah, akan tetapi kurang lengkap. Pemasaran sebenarnya meliputi promosi produk, distribusi produk, dan pelayanan pasca pembelian.

Terdapat 3 istilah dasar dalam pemasaran yaitu pasar, pemasaran , dan pemasar. Pasar adalah tempat dan atau orang yang menjadi target penjualan produk. Pemasaran adalah strategi dan kegiatan memasarkan produk ke pasar, sedangkan pemasar adalah pihak atau perusahaan yang melakukan pemasaran. Memahami 3 istilah tersebut bukanlah hal wajib bagi orang awam. Tetapi pebisnis atau seorang yang belajar bisnis wajib memahaminya.

cari tau usaha apa yang paling menguntungkan untuk anak sekolah disini

pengertian atau maksud pemasaran menurut para ahli

Banyak ahli yang sudah memberikan penjelasan tentang pemasaran. Berikut adalah jawaban dari pertanyaan apa yang dimaksud pemasaran menurut para ahli :

Philip kotler dan Line

Pemasaran adalah proses sosial individu dan kelompok untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginannya dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan produk lain (Lukmandaru & Istono, 2016).

H.T Gitosudarmo

Pemasaran adalah proses kegiatan oleh pengusaha agar dapat memenuhi, mempengaruhi konsumen agar mereka tertarik, senang, membeli, dan akhirnya puas terhadap produk yang dibelinya.

Kamus besar bahasa indonesia (KBBI)

Pemasaran adalah memasarkan barang dagangan dengan tujuan tersebarnya produk dagangan ke masyarakat umum.

William J stansen

pemasaran adalah sistem secara keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yakni merencanakan, menentukan harga, mempromosikan produk, mendistribusikan produk , dan memuaskan konsumen.

Philip kotler & Duncan

Pemasaran adalah semua langkah penjual untuk menempatkan barang dagangan ke tangan pembeli.

pengertian-pengertian tersebut berbeda-beda, ambillah salah satunya atau buatlah kesimpulan untuk mendapatkan deskripsi yang paling tepat menurut anda. Tokoh tersebut adalah para pakar penting dalam dunia marketing dan menjadi rujukan dalam dunia marketing.

Artikel terkait : 30 pengertian pemasaran menurut para ahli

tujuan pemasaran

Tujuan atau goals adalah maksud yang mendasari suatu tindakan dalam bisnis. Secara umum, tujuan bisnis adalah untuk mendapatkan laba atau memperoleh keuntungan. Akan tetapi dalam bisnis terdapat banyak tujuan di setiap tindakan. Lalu apa tujuan dari pemasaran ?

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan apa maksud dari pemasaran bukan ? Tujuan pemasaran juga bisa anda ketahui dari maksud pemasaran tersebut. Berdasarkan pengertian pemasaran dari para tokoh pemasaran tersebut, maka tujuan pemasaran adalah sebagai berikut :

1. memahami pasar dan konsumen

Perusahaan melakukan riset untuk mengetahui trend pasar, peluang pasar, dan perilaku konsumen. Akan tetapi riset pasar mempunyai tujuan yang bebeda-beda sesuai kebutuhan konsumen. Perusahaan baru cenderung akan melakukan riset untuk mencari peluang pasar, pesaing, dan perilaku pasar. Sedangkan perushaan yang sudah bertumbuh akan melakukan riset pasar untuk menemukan peluang ekspansi atau meningkatkan pangsa pasarnya.

Apa pentingnya memahami pasar dan konsumen ? Pasar dan Konsumen adalah sesuatu yang terus mengalami perubahan. Banyak faktor yang mendorong pasar terus berubah mulai dari lingkungan, teknologi, hingga pemikiran-pemikiran baru yang terus menerus dan menyebar ke masyarakat. Maka dari itu, perusahaan harus memahami perubahan tersebut agar dapat menciptakan produk dan layanan yang dibutuhkan konsumen.

Perdalam pemahaman terhadap perilaku konsumen disini

2. menciptakan produk bernilai

Banyak sekali produk yang sudah tersebar di seluruh indonesia. Tetapi tidak sedikit produk yang gagal karena tidak bernilai , tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, dan tidak mampu bersaing di pasar. Pemasaran memudahkan perusahaan dalam membuat produk yang bernilai dengan berbai tahapan mulai dari riset pasar, riset prototype produk, persebaran permintaa, hingga kepuasan konsumen setelah menggunakan produk.

Cari tau cara membuat produk baru berkualitas Disini

3. mencapai target penjualan

Semua perusahaan berusaha menetapkan terget penjualan produk setiap periode tertentu. kemudian merencanakan strategi pemasaran yang seefisien mungkin. Banyak sekali strategi dalam pemasaran seperti promosi, diskon, digital marketing , dll. Kemudian perusahaan melakukan evaluasi terhadap strategi tersebut di akhir periode.

4. membentuk citra perusahaan

perusahaan berusaha membentuk citra di mata konsumennya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan loyalitas dan mencapai top off mind. perusahaan dapat memebentuk citra dengan melakukan strategi pemasaran seperti iklan, promosi besar-besaran, dan menciptakan keunggunalan pada produk.

5. kepuasan konsumen

kepuasan konsumen adalah yang sangat berarti bagi perusahaan. Tak heran jika perusahaan terkadang mengeluarkan biaya yang besar dalam menciptakan produk dan layanan dari awal hingga pasca pembelian. Dengan meningkatnya kepuasan konsumen, maka loyalitas konsumen akan meningkat.

6. mendistribusikan produk

Perusahaan juga mengatur proses distribusi produk kepada konsumen. Sehingga konsumen dapat melkukan transaksi secara mudah dan cepat, pengiriman produk tepat, cepat, dan produk tidak rusak. Selain mempertimbangkan kondisi produk saat sampai ke konsumen, perusahaan juga harus mempertimbangkan biaya kegiatan tersebut.

Fungsi pemasaran

1. Fungsi pertukaran

Pemasaran berfungsi membantu penjual untuk bertransaksi dengan pembeli. Penjual menukarkan produknya dengan alat tukar berupa uang dengan konsumen. Sedangkan konsumen mendapatkan produk yang berguna untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Fungsi distribusi fisik

Pemasaran berfungsi mendistribusikan produk fisik kepada konsumen dengan berbagai channel yang ada. Penjual memindahkan produknya dari pabrik ke berbagai tempat konsumen berada. Pendistribusian tersebut bisa lewat jalur darat, laut, dan udara tergantung dari cara apa yang paling efisien.

3. Fungsi perantara

Pemasaran berfungsi sebagai perantara antara penjual dan konsumen. Penjual melakukan kegiatan pemasaran berupa penyampaian informasi, pencarian pelanggan, dan penyampaian

Jenis-jenis pemasaran

1. word of mouth marketing (WoMM)

word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut adalah penyampaian informasi dari konsumen ke konsumen lain. Setiap konsumen tentunya mempunyai lingkungan tempat berinteraksi dan bersosial. Kondisi tersebut bisa di manfaatkan untuk melakukan pemasaran dari mulut ke mulut. Penjual atau perusahaan harus lebih dahulu memikat hati konsumen sehingga secara sukarela konsumen akan merekomendasikan produk ke orang lain.

2. public relation marketing

Yang dimaksud pemasaran adalah kegiatan untuk menyampaikan produk ke konsumen. Tetapi yang dimaksud pemasaran bukan hanya untuk sekadar mendapatkan penjualan. Perusahaan juga harus meningkatkan citra dan awarness perusahaan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan public relation. Dengan publik relation, perusahaan tidak hanya akan dipandang baik oleh pelanggan, tetapi juga oleh masyarakat umum.

3. relationship marketing

Yang dimaksud pemasaran jenis ini berbeda dengan dengan public relation. Relationship marketing berfokus pada membangun hubungan yang dekat dengan pelanggan. Tujuannya adalah mencapai loyalitas pelanggan, sehingga penjualan perusahaan bisa lebih terjamin.

4. digital marketing

Yang dimaksud pemasaran digital adalah pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Jenis pamasaran ini sekarang telah menjadi teknik utama dalam bisnis, terutama perusahaan startup yang baru muncul beberapa tahun lalu. Perkembangan dunia digital serta meratanya pemakaian internet di berbagai wilayah medorong perusahaan untuk beralih menggunakan teknik pemasaran digital.

5. branding

Branding adalah teknik pemasaran dengan memanfaatkan logo, merek, dan psikologis untuk mencapai loyalitas. Branding bukan hanya asal membuat merek, tetapi juga bagaimana membuat merek yang bagus, apa visi dari logo, dan banyak hal lain.

6. iklan siaran

Iklan siaran adalah iklan berbayar yang di siarkan di berbagai media seperti televisi, radio, youtube, dan podcast. Iklan siaran dapat membantu perusahaan mencapai audiens yang lebih luas.

7. multi-level marketing

Multi-level marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan banyak tenaga pemasar dan banyak komisi. Pemasar akan mendapat komisi dari penjualan produk dan perekrutan jaringan, Selain itu pemasar juga akan mendapat keuntungan dari selisih harga penjualan produk. Keuntungan-keuntungan tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dengan MLM. Akan tetapi banyk yang mendebatkan MLM karena terlihat mengakali pemasarnya .

Jenis-jenis pemasaran tersebut merepresentasikan apa yang dimaksud dari pemasaran. Perusahaan harus terus menerus mengembangkan metode pemasarannya, karena lingkungan dan perilaku konsumen terus berubah. Mau tidak mau perusahaan harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Strategi pemasaran

1. tentukan target pasar

Menentukan target pasar adalah salah satu hal wajib yang harus bagi perusahaan. Dengan adanya target pasar maka perusahaan akan bisa lebih fokus kepada target tersebut, mengurangi biaya, membuat layanan yang tepat, dan mendapat hasil yang lebih optimal. Penargetan pasar biasanya berdasarkan pada faktor demografi, psikografis, dan geografis.

2. gunakan sosial media

Menggunakan sosial media adalah salah satu strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran di era sekarang. Perushaan bisa membuat satu atau lebih sosial media untuk meningkatkan branding dan penjualan. Selain itu sosial media juga memudahkan konsumen untuk melakukan komunikasi seperti komplain atau sekedar menanyakan ketersediaan produk.

3. lakukan branding yang benar

Strategi pemasaran selanjutnya adalah branding. Branding sangat identik dengan merek, tetapi salah satu hal yang tidak kalah penting adalah visi dan story merek tersebut. Banyak sekali perusahaan yang telah sukses melakukan branding, misalnya Haus dan Aqua. Haus menggunakan merek yang mudah di kenal dan di ingat, sedangkan Aqua telah menjadi top of mind sebagai air mineral kemasan.

4. lakukan promosi dan iklan

Perusahaan yang melakukan promosi biasanya juga akan menggunakan iklan. Perusahaan sebaiknya membuat promosi semenarik mungkin untuk memaksimalkan konversi, sedangkan iklan untuk memaksimalkan jangkauan audiens. Perushaan bisa melakukan promosi di event tertentu seperti hari kemerdekaan, harbolnas , dll.

5. mengikuti event

Event sangat berguna terutama untuk mengenalkan produk di wilayah tertentu. Event-event bisanya memicu orang kerumunan, sehingga cukup membantu dalam memaksimalkan penjualan. ketika mengikuti event, usahakan untuk membuat diskon yang menarik.

Manajemen pemasaran

Maksud Manajemen pemasaran adalah usaha untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan program pemasaran perusahaan. Manajemen pemasaran merupakan salah satu departemen pokok dalam perusahaan. Kegiatan manajemen sendiri terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengarahan, dan pengawasan.

Tujuan pokok manajemen pemasaran adalah memasarkan produk perusahaan hingga tercapai tingkat keuntungan jangka panjang yang berguna untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan. Tugas manajemen pemasaran tidak hanya sebatas memasarkan produk, tetapi juga menciptakan produk dan mengatur saluran distribusi. Kerumitan manajemen sangat bergantung dari jenis produk, besarnya produk, dan luasnya wilayah pemasaran.

Konsep pemasaran

Semua hal mempunyai konsep, termasuk pemasaran. Secara sederhana, konsep pemasaran adalah pemenuhan kebutuhan konsumen. Konsep ini bisa terus bermutasi seiring munculnya kondisi kondisi baru tiap perusahaan. Pada masa lalu, perusahaan hanya menjual produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Lalu muncul konsep bahwa perusahaan juga harus memenuhi keinginan konsumen. Banyaknya inovasi yang telah dilakukan perusahaan terjadi karena keinginan konsumen yang semakin kompleks. Semua yang bisa memudahkan kehidupan konsumen adalah produk yang mempunyai prospek bagus dalam bisnis.

Pelajari juga konsep inti pemasaran yang tentunya lebih lengkap

Lingkungan pemasaran

Dalam pemasaran ada yang di sebut lingkungan pemasaran, yaitu lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran ( Wikipedia). Lingkungan pemasaran bisa berubah ubah menyesuaikan kondisi luar dan dalam perusahaan.

Terdapat dua jenis lingkungan pemasaran perusahaan yaitu lingkungan makro dan mikro. Lingkungan mikro pemasaran terdiri dari Perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat.

Lingkungan makro pemasaran terdiri dari Lingkungan demografi, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan politik, dan lingkungan budaya. Perusahaan harus menyesuaikan diri dengan lingkungan makro karena sangat kompleks dan mustahil di rubah.

Aspek pemasaran

Apa aspek pemasaran ? Aspek pemasaran adalah kategori kategori hal yang perlu di lakukan dalam pemasaran. Aspek ini merupakan hal yang penting dan harus di lakukan dengan baik. Terdapat  5 aspek pemasaran yaitu spesifikasi produk dan diferensiasi produk, segmentasi pasar, analisis pasar dan peramalan permintaan, analisa kompetitor, dan promosi.

Kelima aspek tersebut sepertinya wajib di lakukan perusahaan era sekarang, karena begitu kompleks dan dinamisnya lingkungan bisnis. Seolah olah perusahaan harus melakukan adu balap dan adu kepekaan dengan pesaing untuk memprediksi prospek permintaan pasar. Yang mempunyai pengetahuan lebih baik tentang pasar dan punya solusi paling baiklah yang akan memenangkan persaingan.

Sistem pemasaran

Yang di maksud sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melaksanakan tugas pemasaran, barang dan jasa, ide , dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dan pasarnya.

Sistem ini mirip seperti konsep pemasaran, tetapi sistem mencakup secara lebih menyeluruh. Komponen dalam sistem pemasaran yaitu organisasi dalam pemasaran, sesuatu yang di pasarkan, pasar yang di tuju, perantara, dan faktor lingkungan makro.

Proses pemasaran

Proses pemasaran adalah tahapan tahapan yang harus di tempuh ketika melakukan pemasaran. Pemasaran membutuhkan proses dan waktu yang panjang untuk mencapai tahapan tahapan dalam proses tersebut. Dalam pemasaran ada proses jangka panjang untuk yang di sebut branding. Proses ini membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun, contoh Aqua yang sudah mencapai top of mind.

Kemudian ada juga proses pemasaran rutin atau pendek. Siklus ini akan terus berulang sehingga efisiensi dan pertumbuhan bisa di capai perusahaan. Proses itu meliputi analisis strategi pemasaran, perencanaan bauran pemasaran, implementasi pemasaran, dan kontrol pemasaran.

Proses ini biasanya sudah direncanakan sejak awal, namun proses ini bersifat responsif. Artinya ketika terjadi kendala atau kegagalan di salah satu proses itu, maka akan ada percepatan proses. Misalnya ketika terjadi kegagalan promosi, maka perusahaan bisa cepat melakukan kontrol dan analisis ulang.

Rencana pemasaran

Rencana pemasaran atau marketing plan adalah ide awal pemasaran. Kategori rencana pemasaran meliputi strategi dalam pengumpulan informasi, pendistribusian informasi, strategi promosi, dan koordinasi pemasaran. Rencana pemasaran sangat penting karena merupakan awal dari sebuah strategi pemasaran.

Pengumpulan informasi penting untuk mengidentifikasi kondisi pasar dan kondisi perusahaan. Setelah terdapat analisis dan informasi yang cukup, kemudian mendistribusikan data tersebut kepada pihak pihak yang berkepentingan untuk kemudian menentukan strategi apa yang perlu di lakukan perusahaan. Ketika eksekusi strategi, pihak manajemen juga harus melakukan kontrol agar strategi benar bisa berjalan maksimal.

Pemasaran produk

Pemasaran produk tentu tidak sama dengan pemasaran Jasa. Produk biasanya lebih kompleks di banding jasa. Mulai dari menciptakan produk, mencari bahan baku, menentukan jumlah produksi, inovasi produk, saluran distribusi, hingga mempertahankan kualitas produk.

Apalagi ketika itu adalah lini produk yang cukup banyak. Tentunya akan semakin kompleks dan membutuhkan perencanaan yang sangat detail.

Pemasaran jasa

Jasa adalah produk yang tidak terlihat, tidak bisa diraba, tetapi terasa manfaatnya. Jasa sangat bergantung pada kualitas dan harganya. Tetapi biasanya jika kualitas bagus maka harganya akan lebih mahal.

Pemasaran jasa hampir mirip dengan pemasaran produk, tetapi tidak melakukan produksi. Dengan begitu biaya di fokuskan pada peningkatan kualitas jasa tersebut, tidak pada kuantitas. Karena dengan kualitas yang lebih baik, kuantitas penjualan juga akan ikut meningkat.

Komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran adalah cara menyampaikan pesan kepada pasar dengan metode tertentu. Terdapat tiga elemen penting dalam komunikasi pemasaran, yaitu pesan, target , dan media. Pesan haruslah bisa mempengaruhi dan meyakinkan target untuk membeli produk. Target juga harus tepat, harus mempunyai prospek yang bagus. Sedangkan media harus bisa efektif menjangkau target yang dituju.

Komunikasi ini sangat penting terutama untuk pemasaran digital seperti menggunakan website , konten sosial media, dan event event tertentu. Pesan yang dimaksud bisa tertulis maupun pesan suara. Tergantung strategi apa yang digunakan untuk memasarkan produk.

Pemasaran global

Pemasaran global adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan suatu bisnis. Kita tau bahwa persaingan usaha tidak hanya sebatas satu negara, akan tetapi sudah menyangkut global. Ekspor impor gampang sekali terjadi dan sangat digemari karena mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Meskipun begitu resiko pemasaran global sangatlah besar. Selain harus mengetahui kondisi pasar di negara yang di tuju, perusahaan juga perlu melakukan membuat produk yang sesuai dengan negara tersebut. Tiap negara punya kualitas usaha yang berbeda, di negara maju cenderung berkualitas sedangkan di negara berkembang masih ada keterbatasan yang belum bisa di atasi.

kesimpulan dari apa yang dimaksud pemasaran

Yang dimaksud pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan produknya ke pasar. Pemasaran adalah kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan sehingga perlu perencanaan secara matang dan pengembangan secara berkelanjutan. Strategi yang tepat dan kemampuan untuk melaksnakan strategi tersebut secara baik adalah kunci untuk memaksimalkan pemasaran.

baca juga konten menarik lainnya : modifikasi motor vairo 125 simple ribuan rupiah

referensi dari wikipedia indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.